Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11+ Tips Memulai Bisnis Food Truck (Dijamin 100% Untung Banyak)

Bisnis Food Truck
Food Truck
Beberapa tips memulai bisnis food truck ini wajib diketahui, khususnya bagi yang baru ingin terjun ke bisnis ini. Seperti diketahui, bisnis kuliner adalah salah satu jenis bisnis yang laku setiap hari, karena kuliner atau makanan adalah salah satu kebutuhan primer manusia.

Ada banyak model bisnis kuliner, salah satunya adalah bisnis food truck. Hanya saja, bisnis food truck ini memiliki banyak sekali tantangannya. Selain itu, perizinannya juga belum " terlalu " jelas kemana harus mengurusnya.

Tapi, buat kamu yang ingin terjun ke dalam bisnis ini, tidak perlu takut, dengan sedikit tips dari Filosofibisnis.com ini, kamu bisa membangun bisnis food truck yang sukses. Mari kita simak tipsnya berikut ini.

Inilah Tips Sukses Memulai Bisnis Food Truck (Dijamin 100% Untuk Banyak)

#1. Menentukan Menu

Yang pertama harus ditentukan itu yaitu modal awal, karena besar dan kecilnya sebuah bisnis yang dibangun itu ditentukan oleh modal awal. Setelah itu baru menentukan hal lainnya seperti menentukan menu yang dijual.

Dalam menentukan menu, pilihlah menu makanan yang cocok untuk semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, siswa sekolah, pekerja kantoran, hingga orangtua bisa menikmati menu makanan tersebut.

Karena tempatnya terbatas, maka pilihlah menu yang praktis, mudah diolah, dan mudah disajikan tapi disukai banyak orang.

BACA JUGA: Apa Yang Dimaksud Dengan Peluang Usaha? Berikut Penjelasannya!!

#2. Mendesain Spesifikasi Food Truck

Memang dalam bisnis kuliner, tanpa menu makanan yang prima, maka bisnis tersebut tidak akan bertahan lama. Tapi, dalam bisnis food truck ini, pelaku bisnis tidak boleh hanya mengandalkan dari sisi menu makanan saja.

Jika ingin sukses menjalankan bisnis ini, maka pelaku bisnis wajib mempunyai kelebihan lain yang dituangkan dikesuluruhan konsep yang dimilikinya, termasuk juga dalam konsep desain food trucknya.

Untuk membuat desain food truck, jangan asal-asalan, lebih baik mencari orang yang berpengalaman dalam mendesain food truck. Intinya, lebih baik mengeluarkan uang sedikit lebih mahal, daripada mendesain food truck asal-asal, dan akhirnya membuat baru dari awal dengan biaya yang lebih mahal lagi.

Untuk mencari inpirasi desain food truck, kamu bisa mencari beraneka ragam desain food truck di internet, tapi ingat, jangan pernah menjiplak. Sesuaikanlah desain food truck dengan jenis makanan yang akan dijual.

#3. Menentukan Lokasi

Posisi menentukan prestasi, artinya lokasi sangat menentukan kesuksesan sebuah bisnis. Jika lokasi tersebut ramai, maka peluang mendapatkan banyak pembeli semakin terbuka lebar, dan kesuksesan pun mudah diraih.

Perlu diingat, dalam bisnis food truck memang banyak sekali tempat-tempat yang terlihat menarik dijadikan sebagai lokasi berjualan. Tapi, sebelum memutuskan, pastikan terlebih dulu apakah berjualan di lokasi tersebut legal.

Selain itu, pastikan juga di lokasi tersebut tidak banyak saingan, yang menjual menu makanan yang sama. Lokasi yang bisa dipertimbangkan di antaranya adalah tempat parkir dekat pusat perbelanjaan, dekat tempat wisata, area kampus, sekolah, festival musik, dan sebagainya.

#4. Menentukan Jam Berjualan

Selain menentukan lokasi berjualan, tentukan juga jam berjualan. Ini penting dilakukan, karena dengan jam buka yang sama setiap waktunya, maka pelanggan tahu dimana, dan jam berapa untuk mencari food truckmu.

Sebagai pertimbangan bisa dipilih berjualan di jam makan siang, jam makan malam, jam pulang kantor, atau bisa juga kombinasi diantara keduanya. Tapi, pastikan waktunya cukup untuk menyediakan bahan makanan.

#5. Izin Usaha

Perizinan adalah salah satu tantangan terbesar untuk menjalankan bisnis ini. Karena di negara Indonesia, perizinan untuk bisnis food truck ini masih abu-abu, maksudnya masih belum " terlalu " jelas kemana harus mengurusnya.

Sebagai perumpamaan, sebuah restoran biasanya hanya butuh izin usaha dari dinas kesehatan dan dinas pariwisata. Mungkin untuk bisnis ini perlu izin ke dinas kesehatan, dinas pariwisata, dan dinas perhubungan.

Jadi, sebelum berjualan, pastikan terlebih dahulu diperbolehkan jualan di lokasi tersebut. Caranya, tanyakan ke RT setempat jika lokasinya di area perumahan, tanyakan ke petugas mall jika lokasinya di area mall, dan sebagainya.

#6. Mencari Supplier Terpercaya

Untuk menjaga proses produksi, maka kamu wajib menjaga pasokan bahan baku, yaitu dengan mencari supplier terpercaya atau orang yang  menyediakan bahan-bahan mentah untuk menu makanan olahanmu.

Cari supplier dengan bahan berkualitas tapi harganya cukup terjangkau. Selain itu, usahakan juga mempunyai supplier tetap, yang bisa memprioritaskanmu jika terjadi kelangkaan bahan mentah di pasaran.

#7. Harga Bersaing

Dalam menentukan harga itu memang tidak mudah, jika terlalu mahal ditakutkan tidak laku, tapi jika terlalu murah, maka keuntungan sedikit, bahkan mungkin rugi. Untuk itu berikanlah harga yang cukup bersaing sesuai dengan target pasar.

Misalnya, berjualan di pinggir jalan, tentunya kita tidak bisa memberikan harga yang sama seperti berjualan di dalam mall atau di restoran. Jika tidak, para pembeli akan berpikir ulang untuk datang membeli kepadamu lagi.

#8. Memiliki Jasa Antar

Walaupun jenis bisnis ini tidak mempunyai lokasi berjualan yang pasti, tapi berkat kemajuan teknologi di jaman sekarang bisa membantumu untuk mendapatkan pelanggan tetap, yaitu mengunakan jasa antar makanan.

Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan bekerjasama dengan jasa antar makanan. Dengan demikian, walaupun lokasi berjualan berpindah-pindah tempat, tapi pelanggan tetap bisa membeli makanan kita tanpa perlu kebingungan mencari lokasi jualan kita.

#9. Promosi

Harus diakui, promosi adalah salah satu hal penting yang wajib dilakukan dalam bisnis, termasuk juga untuk bisnis food truck ini. Salah satu cara promosi yang tepat untuk bisnis ini, yaitu mengunakan media sosial.

Seperti yang ketahui, hampir semua orang di Indonesia saat ini sudah memiliki beberapa akun media sosial.

#10. Bergabung Dengan Komunitas

Biasanya, para pebisnis yang mempunyai bidang usaha sama atau sejenis, mereka akan membuat atau membentuk sebuah komunitas atau asosiasi sebagai tempat diskusi atau berkomunikasi dengan sesama pebisnis lainnya.

Untuk bisnis food truck sudah memiliki asosiasi sendiri bernama Asosiasi Food Truck Indonesia (AFTI). AFTI berfungsi sebagai forum yang mempertemukan para pelaku bisnis food truk di seluruh Indonesia.

Banyak mamfaat yang didapatkan bila bergabung dengan sebuah komunitas atau asosiasi ini, mulai dari informasi tentang pelatihan, acara, hingga hal-hal yang berhubungan dengan legalitas atau perizinan usaha.

#11. Jangan Cepat Menyerah

Untuk menjadi seorang pebisnis food truck yang sukses, sangat dibutuhkan kreativitas, dan sifat tidak cepat menyerah. Karena sebelum menemukan sistem dan format bisnis yang cocok, kamu akan dihadapkan dengan sekian rintangan, bahkan mungkin kegagalan. Untuk itu, bulatkan tekad sebelum memulai bisnis ini.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tips sukses memulai bisnis food truck. Semoga artikel ini bisa menginspirasimu untuk memulai jenis bisnis ini, dan jangan lupa bagikan/share artikel ini ya. Baca juga cara memulai bisnis online dari nol.